Senin, 26 Desember 2011

Istilah Mati Kiri


Jika sahabat-sahabat pernah berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar, kemungkinan besar sahabat-sahabat pernah mendengar istilah Mati Kiri, sebuah istilah yang khas dan orisinil lahir dari lidah-lidah orang Sulawesi Selatan. Istilah ini dibentuk dari kata Mati dan Kiri, namun maknanya sudah berbeda dari kata-kata pembentuknya. Seperti kebanyakan istilah bentukan bahasa Indonesia lainnya yang mengandung kata kiri, istilah ini juga berkonotasi negatif. Istilah ini memiliki makna yang cukup mendalam dan oleh orang-orang Sulawesi Selatan digunakan untuk menunjukkan sikap diskriminatif yang berlebihan dalam masalah gender, khususnya sikap seorang laki-laki yang memperlakukan berbeda antara lawan jenisnya dan sesama jenisnya. Olehnya itu, istilah Mati Kiri ini sangat melekat dengan laki-laki sehingga lahirlah istilah Cowok Mati Kiri, artinya seorang cowok yang memiliki sikap yang sangat baik, perhatian, sok jadi pahlawan, pada perempuan tetapi sebaliknya jadi penjahat dan acuh tak acuh pada sesama lelaki.
Contohnya, ada seorang cowok/lelaki trus ada teman lelakinya yang minta tolong untuk sesuatu yang dapat dia lakukan tetapi dia tidak mau membantu, namun di saat yang sama ketika ada seorang perempuan cantik yang meminta tolong untuk hal yang sama dengan cepat si lelaki tadi mengiyakan dan bersedia membantu seketika itu juga. Ini salah satu contoh yang menggambarkan seorang Cowok yang mati kiri. Untuk definisi lain berikut saya kutipkan langsung dari sebuah forum lengkap dengan logat Makassarnya.
tapi ada jg yg bilang toh… katanya mati kiri itu = tidak berani kalo sama cewek, tapi kalo sm cowok banyak sekali ceritanya… hehe apa lg kalo sm cewek cantik gemetaranki lututnya…
Definisi ini juga benar, dan intinya istilah Mati Kiri bermakna sikap diskriminatif yang berlebihan dalam masalah jender. Mungkin istilah Cewek Mati Kiri juga ada tetapi istilah ini belum pernah saya dengar disebut oleh orang-orang Sulawesi Selatan. Bahkan penyebutan kata Mati Kiri hampir tidak pernah terlepas dari kata Cowok, Cowok Mati Kiri, sehingga telah terjadi sedikit pergeseran makna bahwa Mati Kiri itu lebih berkonotasi ke sifat laki-laki.
Jadi suatu saat nanti jika bepergian ke Sulawesi Selatan, khususnya Makassar , sahabat-sahabat sudah bisa mengerti jika ada yang mengucapkan istilah tersebut, apalagi kalau istilah itu ditujukan kepada Anda big grin. Istilah ini tidak hanya berlaku di dunia nyata loh, karena sepertinya saya mulai melihat ada indikasi-indikasi Mati Kiri yang mulai menjangkiti sahabat-sahabat blogger pejantan, hahaha…. JUST KIDDING tongue. Semoga tidak ada yah, peace!

7 komentar: